Minggu, 25 Agustus 2019

MATERI SHARED HOSTING

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi tentang Shared Hosting.
Apa itu shared hosting?
Shared hosting adalah layanan dimana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama dan memakai services bersama-sama. Shared hosting merupakan tipe hosting skala kecil dimana user web hosting hanya dapat melakukan setting layout dan konfigurasi tampilan web karena konfigurasi control panel dilakukan sepenuhnya oleh administrator web hosting.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SHARED HOSTING


KELEBIHAN SHARED HOSTING   
  • Biaya Murah
Shared hosting merupakan pilihan yang paling murah karena pada setiap server pengguna akan dibagi ruang serta sumber daya dengan yang lainnya.
Sebagai contoh shared hosting adalah perumpamaan ketika seseorang menyewa sebuah kontrakan atau apartemen yang akan digunakan bersama-sama agar lebih menghemat uang karena biaya akan ditanggung bersama.
  • Penggunaan Mudah
Didalam layanan shared hosting pengguna akan dimudahkan karena nanti semua operasional server akan diambil alih oleh penyedia layanan sehingga bagi para pemula yang tidak memiliki pemahaman mengenai pemograman masih bisa untuk mengelola situs web atau blognya.
  • Administrasi dan Pemeliharaan Server Mudah
Shared hosting sangat cocok bagi pemula yang baru memiliki pemahaman mengenai dunia web dan layanan hosting. Dengan menggunakan jenis hosting ini pengguna lebih difokuskan pada pembelajaran mengenai blog ataupun website yang sedang dibangun, namun hal ini hanya sementara waktu karena pengguna harus mengganti layanan ketika sudah mengalami traffic pengunjung.
  • Sangat Ideal untuk Blog maupun Website Bisnis Skala Kecil
Shared web hosting ini dikatakan sangat ideal untuk pengguna situs blog maupun website bisnis dengan skala yang kecil. Karena shared hosting ini menawarkan layanan dengan harga yang sangat murah maka sangat cocok untuk seseorang yang melakukan bisnis dengan situs blog atau web dengan skala kecil.
  • Control Panel Mudah
Dengan menggunakan shared hosting ini pengguna akan diberi kemudahan dalam hal control panel karena penyedia layanan hosting akan memberikan akses yang luas terhadap hal tersebut.
  • Email Akan Masuk Pada Akun Email Pengguna
Layanan shared hosting ini dilakukan bersama-sama dengan berbagi server pada pengguna lain. Namun tidak perlu khawatir mengenai email yang dikirim untuk pengguna akan masuk pada email pengguna bukan semua email yang masuk pada layanan server yang sama.

KEKURANGAN SHARED HOSTING

  • Area Kontrol Terbatas pada Server
Pengguna pada layanan shared hosting ini hanya memiliki ruang yang sedikit terkait akses ke server sehingga kontrolnya sangat terbatas. Karena dalam layanan hosting ini kepemilikan akses penuh hanya dimiliki oleh administrator penyedia layanan hosting.

  • Memungkinkan Terjadinya Crash
Jenis layanan shared hosting ini menggunakan banyak pengguna didalam satu server, jadi sudah tidak heran lagi jika sewaktu-waktu akan terjadi crash. Adanya beban berat terutama jika sedang ada traffic akan berpengaruh terhadap kinerja situs web atau blog dan akhirnya terjadi gangguan tau crash.

  • Keamanan Yang Kurang
Dalam shared hosting yang memberi ruang luas dalam satu server, akan lebih rentan terhadap penyalahgunaan akses atau fitur lainnya yang sensitive.

  • Penggunaan Software yang Terbatas
Pengguna shared hosting tidak bisa mendapatkan akses dalam menggunakan atau menjalankan software lain selain yang telah ditawarkan oleh penyedia layanan hosting.

Demikian pembahasan mengenai shared hosting yang merupakan salah satu layanan hosting paling diminati oleh para pemula. Semoga bermanfaat:)

Wassalamu'alaikum Wr.Wb
                      

3 komentar:

  1. saya tidak maksud dengan pengertiannya?? bisa di jelaskan

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya:)
    maksud dari pengertian shared hosting adalah tipe hosting skala kecil dimana user web hosting hanya dapat melakukan setting layout dan konfigurasi tampilan web karena konfigurasi control panel dilakukan sepenuhnya oleh administrator web hosting.

    BalasHapus
  3. kunjungi juga blog saya ya rahitaika.blogspot.com

    BalasHapus

KONFIGURASI VOIP MENGGUNAKAN ASTERISK PADA VIRTUALBOX

Assalamualaikum Wr. Wb. Lama tidak berjumpa My Loyal Reader Kali ini aku akan membahas tentang cara konfigurasi astetrisk untuk voip L...